oleh

“BASUDARA MANISE” DITPOLAIRUD POLDA MALUKU JADIKAN MASYARAKAT MITRA SEJAJAR POLRI

POLDA MALUKU – Sejak ditetapkan sebagai salah satu Program Unggulan Kapolda Maluku, ”BASUDARA MANISE” yang merupakan perwujudan dari program Presisi Kapolri, menjadi salah satu program prioritas yang dilaksanakan oleh seluruh Satuan Kerja Polda Maluku dan jajaran, terutama oleh Direktorat Polairud Polda Maluku.

Program “BASUDARA MANISE” Ditpolairud Polda Maluku hari ini dilakukan pada Pelabuhan speed mamokeng Desa Tulehu sampai dengan perairan laut Desa Hutumuri, Pelabuhan Rakyat Desa Nusantara, Pelabuhan Rakyat Dobo dan pelabuhan very Dobo (Selasa, 4/4/2023)

Direktur Polairud Polda Maluku , Kombes Pol Handoyo Santoso mengatakan “ dalam bulan Ramadhan 1414 H/2023 ini, program “BASUDARA MANISE” dianggap sangat efektif dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat pesisir, dalam upaya menjadikan masyarakat sebagai mitra sejajar Polri (Polda Maluku) mengingat Wilayah Maluku sebagian besar terdiri dari laut, sehingga pendekatan melalui program “BASUDARA MANISE” dianggap sangat efektif dan tepat sasaran, karena disamping melakukan patrol dan pengawasan terhadap aktifitas masyarakat pengguna jasa transportasi laut, personil Ditpolairud Polda Maluku juga berkesempatan untuk duduk bercerita bersama dengan masyarakat dan menyampaikan pesan-pesan/himbauan Kamtibmas”

“Hal ini terlihat pada kegiatan hari ini, personil Polairud Polda Maluku dengan menggunakan KP XVI-2013 Bertempat di Pelabuhan speed mamokeng Desa Tulehu, melaksanakan Giat “BASUDARA MANISE” Sambang terhadap masyarakat pengguna jasa transportasi Laut patroli perairan dalam rangka mengantisipasi dan penangulangan gangguan kamtibmas diperairan dengan target operasi pelaku Destructif Fishing, dalam giat tersebut masyarakat di himbau untuk :
✓Bekerjasama dengan personel sebagai mitra sejajar dalam hal menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas agar tetap Kondusif baik didalam maupun diluar lingkungan perusahan.
✓.Memberikan Pemahaman,dukungan serta motifasi dalam hal pemulihan Ekonomi masyarakat dan penguatan usaha Micro Kecil Menengah(UMKM).
✓. Memberikan pemahaman tentang pentingnya alat keselamatan di atas speed boat yang digunakan sebagai alat transportasi masyarakat dilaut”. sedangkan personil KP. XVI-1005 juga melaksanakan kegiatan yang sama Di Pelabuhan Rakyat Desa Nusantara – Maluku Tengah.

Sementara itu untuk personil KP. XVI – 3002 Teluk Ambon Melaksanakan giat Pelayanan Prima “BASUDARA MANISE” di Pelabuhan Rakyat Dobo. Giat ini bertujuan memberikan Rasa Aman Kepada masyarakat Penumpang maupun Pengguna jasa transportasi laut sebagai Wujud perlindungan, pelayanan dan pengayoman terhadap masyarakat di Pelabuhan rakyat Dobo.

Dalam Giat tersebut personil KP XVI-3002 memberikan himbauan/pesan-pesan Kamtibmas kepada Abk KM. Mutiara Hati dan Personil KP.XVI-2004 juga memberikan himbauan kepada penumpang Kapal tradisional tujuan desa Gumsei kecamatan Aru Utara baik di pelabuhan Raktyat maupun di pelabuhan Veri Dobo tentang Tutorial penggunaan serta fungsi alat keselamatan, arti warna dan suling pada life jacket apabila terjadi musibah/atau kecelakaan laut”, tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.