oleh

Kalesang pantai Ditpolairud Polda Maluku menggema di kampung Nelayan Sesar

Ditpolairud Polda Maluku, menggandeng masyarakat Pesisir Pantai kampung Nelayan Desa Sesar kecamatan Bula Kabupaten Seram bagian Timur, untuk membersihkan pantai dari sampah pada Jumat 27 Januari 2023.

Program Kalesang pantai ini kami mengadopsi kearifan lokal bahasa dimaluku yang maknanya kurang lebih adalah Bersih / membersihkan, menata agar lebih baik / bermanfaat.
Kegiatan kalesang pantai kami aplikasikan pada kegiatan bersih-bersih sampah dilaut dan pantai dari sampah yang sangat banyak, terutama sampah plastik,” kata Dir Polairud Polda Maluku kombes Pol Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si.

Handoyo menjelaskan, program ini merupakan salah satu program unggulan Dit Polairud guna bersama² masyarakat menjaga kebersihan dan keindahan  serta menjaga ekosistem yang ada dilaut.
Sebagaimana kita ketahui bahwa maluku ini adalah wilayah kepulauan dimana kita harus bersama² menjaga lautan dan pantai kita untuk masa depan generasi penerus. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh seluruh pers Ditpolairud Polda Mauku dan kali ini dilakukan oleh Crew Kapal Patroli XVI-1007 yang sedang mengamankan wilayah perairan kab seram bagian timur, kegiatan hari ini melibatkan personil Sat Polair Polres SBT, Pos TNI – AL Bula, Koramil Bula serta adik – adik Pelajar SD Negeri 5 Bula dan seluruh masyarakat kampung Nelayan. Membersihkan pantai dari tumpukan sampah, “Ucap mantan Wadir Polairud Polda Kalteng ini.
Ia mengajak semua kalangan masyarakat terutama warga pesisir pantai agar sampah yang berada di laut bisa dibersihkan.
“Kita bergerak bersama untuk membersihkan laut khususnya mengambil sampah-sampah plastik yang lama terurai,” ujarnya.
Kombes Pol Handoyo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.