oleh

Kasubdit Patroli Polairud Polda Maluku Jadi Khatib Shalat Jumat

POLDA MALUKU – Kasubdit Patroli Direktorat Polairud Polda Maluku, Kompol H. Akmil Djapa, menjadi khatib (penceramah) shalat jumat di Masjid Al Iqro SPN Polda Maluku, Passo, Kota Ambon, Jumat (9/9/2022).

Akmil Djapa menyampaikan khutbah kepada para siswa Bintara Polri mengenai ibadah ringan tapi banyak yang tidak mampu mengerjakan.

Menurutnya, terdapat ibadah ringan yang tidak memerlukan gerakan khusus seperti shalat, dan tidak memerlukan biaya, namun banyak orang tidak mampu melaksanakan. Ibadah itu adalah berdzikir.

Dzikir, kata Akmil Djapa, merupakan perintah Allah SWT sebagaimana disebutkan dalam Alquran Surah Al-Ahzab ayat 41. Ayat ini berbunyi “Hai orang – orang yang beriman, berdzikirlah dengan menyebut nama Allah, dzikir yang sebanyak – banyaknya.”

Ia mengatakan, Dzikir merupakan amalan yang ringan dilakukan tetapi berat timbangannya, dan dicintai Allah. Namun dzikir seringkali dilalaikan oleh banyak orang.

“Rasulullah SAW bersabda “Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Tuhan-Nya dengan orang yang tidak berdzikir kepada Tuhan-Nya adalah seperti orang yang hidup dengan orang yang mati (HR AL BUKHARI),” sebutnya.

Diakhir khutbah, khatib mengajak para jamaah jumat agar senantiasa membasahi lisan dengan selalu berdzikir kepada Allah SWT. Dzikir dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun baik sejak berangkat dari rumah menuju kantor, selama berada di kantor / bekerja dan hendak kembali pulang ke rumah.

“Kepada para siswa juga baik dilakukan saat berlatih maupun sedang istirahat.

Semoga kita senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamin,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.