oleh

Pembukaan 1 Juta Vaksin Serentak Diikuti Kapolda, Ketua PWNU dan Kakanwil Kemenag Maluku

POLDA MALUKU – Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU), Karnusa Serang, dan Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, mengikuti pembukaan vaksinasi covid-19 secara serentak di Indonesia.

Kegiatan pembukaan 1 juta vaksin di Indonesia itu diikuti Kapolda, Ketua PWNU dan Kakanwil Kemenag Maluku melalui video conference dari Tribun Lapangan Polda Maluku, Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Kamis (21/4/2022).

Program 1 juta vaksin yang dilaksanakan atas kerja sama Mabes Polri dengan Pengurus Besar NU (PBNU) serta Kementerian Agama RI ini akan dilangsungkan selama tiga hari hingga Sabtu (23/4/2022) mendatang.

“Jadi ini merupakan kerja sama dari PBNU, Mabes Polri dan Kemenerian Agama yang kemudian dijabarkan ke tingkat Polda sampai ke Polres-polres,” kata Kapolda usai pembukaan kegiatan tersebut.

Di tingkat daerah, Kapolda mengaku pihaknya bekerja sama dengan PWNU dan Kemenag Maluku. Begitu pula pada Polres jajaran Polda Maluku.

“Dengan Polda-polda lain kita juga melakukan vicon hari ini tadi sudah kita ikuti,” katanya.

Menurutnya, secara resmi kegiatan vaksinasi massal tersebut dilaksanakan selama tiga hari. Namun bagi Polda Maluku, akan terus berlanjut tanpa batas waktu.

“Kegiatan ini kita laksanakan secara resmi tiga hari, tapi kita (Polda) akan terus lakukan karena kita tidak terbatas waktu, dan targetnya Maluku ini 10.000. Jumlah ini dalam mendukung satu juta vaksin di Indonesia,” sebutnya.

Olehnya itu, Kapolda mengaku pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kakanwil Kemenag dan PWNU Maluku, agar target pelaksanaan vaksinasi dosis pertama, kedua hingga booster ini dapat tercapai.

“Kita membuka semua vaksinasi mulai dari dosis pertama, kedua dan booster. Tujuannya yang mau pulang kampung nanti walaupun kita tidak seramai seperti di Jawa, tapi mudik itu merupakan sebuah tradisi, sehingga kami harapkan baik yang pulang kampung maupun yang berada di kampung semuanya sudah tervaksinasi,” harapnya.

Senada dengan Kapolda Maluku, Ketua PWNU, Karnusa Serang, berharap target vaksinasi di Maluku termasuk secara nasional dapat tercapai.

“Kita sudah sosialisasikan kepada seluruh warga NU di Maluku, dan semoga dapat mencapai target,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Plt Kakanwil Kemenag Maluku, H. Yamin. Ia mengaku dari target 10.000 vaksin, berdasarkan hasil rilis untuk hari ini di semua kabupaten/kota telah mencapai kurang lebih 6.000.

“Hasil rilis yang tercover dari seluruh kabupaten/kota di Maluku hari ini itu ada sekitar enam ribu. Enam ribu itu serentak dilakukan hari ini selama jangka waktu yang sudah ditentukan,” sebutnya.

Ia mengaku, pusat pelaksanaan vaksinasi di kabupaten/kota bertempat di polres-polres, maupun di masjid usai shalat tarawih, bahkan ada pula di gereja-gereja.

“Jadi seluruh kabupaten kota bergerak sesuai dengan yang sudah ditentukan. Dan hari ini kita di Ambon terpusat di lapangan Tahapary. Dan Insya Allah berjalan terus, dan ini juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Ambon pada tingkat kabupaten kota. Kegiatan ini bukan saja di lakukan siang hari, tapi juga malam hari, sehingga target 10.000 itu bisa lebih dari apa yang kita rencanakan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.