oleh

Polairud Polda Maluku Gelar Patroli Keselamatan

POLDA MALUKU – Untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat pesisir dalam pelayaran, Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Maluku gencar melakukan patroli di sejumlah wilayah perairan Maluku.

Sejumlah perairan yang diawasi menggunakan Kapal Polisi (KP) hari ini, Kamis (21/7/2022), yaitu di pesisir Pulau Lirang, Kecamatan Wetar Barat, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rosyid SIK, mengungkapkan, di Pulau Lirang, crew KP.XVI-2006 memberikan motivasi kepada masyarakat yang sedang melakukan pembibitan tanaman rumput laut.

“Kami memberikan motivasi kepada masyarakat pesisir Pulau Lirang yang sedang melakukan aktifitas pembibitan rumput laut yang dikelola dan ditanam di sekitar pesisir perairan Desa Ustutun,” jelasnya.

Selain di Kabupaten MBD, Rosyid mengaku pihaknya juga melakukan patroli di wilayah Kabupaten Maluku Tengah. Personil KP.XIV-2007 melakukan pemeriksaan peralatan keselamatan dari Kapal Motor Layar (KML) Kembang Baru.

Pemeriksaan alat keselamatan tersebut berlangsung di Pelabuhan Amahai, Maluku Tengah. Selain memeriksakan alat keselamatan pelayaran, crew KP.XIV-2007 juga memberikan bantuan masker kepada ABK dan nahkoda kapal.

“Kami juga memberikan himbauan kepada ABK maupun nahkoda kapal KLM Kembang Baru agar senantiasa memperhatikan cuaca, kesehatan maupun kelengkapan peralatab kapal,” jelasnya.

Tak hanya itu, crew KP.XVI-2007 juga melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap kapal cepat Cantika 88 yang baru tiba di Pelabuhan Amahai.

“Kalau di pelabuhan Tulehu, personil KPC.XVI-2017 juga melaksanakan giat debarkasi pada pelabuhan penyeberangan Feri Tulehu – Masohi,” sebutnya.

Tak hanya itu, crew KPC.XVI-2017 juga melaksanakan kegiatan bimbingan masyarakat perairan pada KM.Fatimah Mandiri 01.

“Kami menghimbau agar nahkoda selalu menyiapkan alat-alat keselamatan di kapal dan memperhatikan cuaca ekstrim yang sering terjadi di wilayah perairan Maluku dan sekitarnya,” sebutnya.

Hal serupa juga dilaksanakan di Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel). Di Bursel, kata Rosyid, personil KP.XVI-2002 bekerjasama dengan Dinas Perhubungan.

“Kita melakukan kegiatan pemantauan, dan himbauan kepada para pengguna jasa transportasi laut dan juragan-juragan speedboat tujuan Namrole – Leksula di pelabuhan Namrole,” ujarnya.

Rosyid berharap, kegiatan patroli dalam hal ini melakukan pengawasan dan himbauan, dapat membuat masyarakat pesisir selalu berhati-hati pada setiap perjalanan menggunakan moda transportasi laut.

“Kami juga memberikan arahan terkait cuaca buruk yang akhir-akhir terjadi, memeriksa alat keselamatan, pengecekan life jacket serta memberikan informasi dan pencegahan wabah Covid-19 antara lain cuci tangan dengan bersih, selalu gunakan masker pada saat keluar rumah,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.