oleh

Wakapolda Maluku Resmikan Markas Polres Malra

POLDA MALUKU – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Brigjen Pol Drs. Jan Leonard de Fretes, M.M, meresmikan Markas Polres Maluku Tenggara (Malra) yang bertempat di Jalan Kabupaten, Langgur, Kamis (25/8/2022).

Peresmian Polres Malra ditandai dengan penekanan tombol sirine pembukaan kain selubung papan nama Polres Malra. Tombol Sirine ditekan secara bersama oleh Wakapolda Maluku, Bupati Malra, dan Kapolres Malra.

“Peresmian Polres Maluku Tenggara, merupakan wujud nyata dari komitmen Polri, khususnya Polda Maluku untuk melakukan transformasi menuju Polri yang Presisi guna meningkatkan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat,” kata Wakapolda dalam sambutannya.

Wakapolda mengatakan, perkembangan lingkungan strategis yang terjadi akhir-akhir ini sangat berimplikasi pada meningkatnya tantangan tugas Polri.

Guna menyesuaikan kebutuhan dan menjawab dinamika yang ada, perlu dilakukan penataan organisasi melalui prinsip tata kelola lembaga yang baik dan bersih.

“Peresmian Polres Maluku Tenggara ini telah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan untuk memastikan telah terpenuhinya kriteria dan persyaratan, meliputi perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan kamtibmas dan kecenderungannya, serta dukungan dari masyarakat dan pemerintahan daerah setempat,” katanya.

Polres Malra memiliki wilayah dengan luas ± 4.212,54 km². Dimana sebagian besar wilayahnya merupakan wilayah perairan dengan luas ± 3.180,73 km² dan wilayah daratan hanya seluas ± 1.031,81 km².

Peresmian Polres Malra juga membawa konsekuensi pada penambahan jumlah personel Polri secara kuantitas. Hal ini hendaknya dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya personel Polri, yang nantinya ditempatkan di Polres Malra.

Pimpinan Polri, kata Wakapolda, juga terus berupaya untuk melakukan perubahan yang fundamental di tubuh Polri melalui penetapan 16 program prioritas Kapolri, dalam melakukan transformasi menuju polri yang “Presisi” (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan).

“Semoga dengan diresmikannya Polres Maluku Tenggara, dapat membawa perubahan yang positif bagi masyarakat, dalam memberikan pelayanan yang terbaik,” harapnya.

Wakapolda juga menekankan agar peresmian ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial belaka, namun harus benar–benar memberikan nilai manfaat bagi masyarakat luas.

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi– tingginya kepada pemerintah kabupaten Maluku Tenggara, khususnya bapak Bupati Maluku Tenggara, yang telah menghibahkan tanah seluas ± 4,9 hektar untuk dijadikan lokasi pembangunan Mako Polres Maluku Tenggara, Forkopimda dan semua yang ada di kabupaten Maluku Tenggara, serta semua komponen masyarakat,” katanya.

Wakapolda juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Malra dan jajarannya yang telah membangun kerjasama dengan semua pihak, baik pemerintah daerah, TNI, dan semua elemen masyarakat.

Kepada seluruh personel Polres Malra, Wakapolda meminta untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan pengabdian selaku insan Bhayangkara Negara.

Pegang teguh pedoman hidup Polri yaitu Tribrata dan sebagai insan Rastra Sewakottama (abdi utama daripada nusa dan bangsa), bukan sebagai penguasa.

Jaga dan tingkatkan hubungan dengan TNI dan instansi terkait, sehingga potensi kerawanan yang ada dapat teratasi dan pelaksanaan proses pembangunan dapat terwujud.

Respon cepat dan tindak lanjuti segera setiap keluhan serta laporan masyarakat yang memerlukan pelayanan, perlindungan dan pengayoman.

Berikan rasa keadilan kepada masyarakat dengan laksanakan penegakan hukum secara profesional, proporsional dan prosedural sesuai perundang – undangan yang berlaku.

“Hindari pelanggaran baik etika, displin dan pidana yang dapat merugikan dan merusak nama baik institusi, keluarga dan diri sendiri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kedatangan Wakapolda untuk meresmikan Polres Malra, didampingi Karo SDM Polda Maluku, Kombes Pol Denny Y. Putro, Sik.,M.Si., dan Kabagbinkar Ro SDM AKBP Romi Agusriansyah, SIK.

Kedatangan rombongan Wakapolda Maluku disambut langsung oleh Bupati Malra Drs. H. Muhammad Taher Hanubun, M.Si, di Bandara Karel Sadsuitubun, Ibra.

Turut dalam penjemputan yaitu Kapolres Malra, AKBP Frans Duma SP, Kapolres Tual, AKBP Prayudha Widiatmoko, S.I.K, Dandim 1503/Tual Letkol Inf, Arfa Yudha Prasetia, Danlanud Dumatubun Langgur Letkol Pnb Ruli Surya Prihanto, S.Sos, Dandenpom Lanal Tual, Mayor Laut (PM) A.L Sihotang, SH, Wadanyon C Pelopor, AKP S. Toras Simangunsong, S.I.K, dan pejabat lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.